Senin, 15 Juli 2013

BAMBU

siapa yang tak mengenal bambu? ah. pertanyaan konyol saya kira. tanaman perdu ini, banyak sekali jenisnya. mulai dari yang hias, ditanam ditaman, sampai yang tumbuh liar di hutan.

Banyak sekali manfaat dan kegunaan bambu bagi kehidupan manusia. malai yg remeh temeh sampai menjadi pajangan unik didalam rumah mewah. Bahkan makanan pun ada yang berasal dari bambu. tentunya bambu muda atau dikenal dengan nama rebung.

jika kita makan di sebuah rumah makan di seluruh nusantara, maka sering kita temukan bambu menyertai di meja makan kita, dibuat menjadi bilah - bilah kecil dikemas dalam wadah dan lancip dikedua ujungnya. rasanya kok jadi hal yang wajib ya.. setiap abis makan ngorek-ngorek sela gigi dengan bilah bambu ini.

jangan lupa juga periksa kursi yang anda duduki sapa tahu ada bahan bambu untuk membuat tempat yang anda duduki. atau meja yang sedang banyak hidangan tersedia diatasnya. mungkin cup lampu diatas anda yang sedang menerangi meja anda.

begitulah bambu digunakan untuk banyak hal dinegeri ini sampai pertnjukan budayapun ada yang menggunakan bambu, Bambu Gila misalnya.

adakah bambu di rumah anda? bambu yang tumbuh di halaman rumah sebagai tanaman hias, atau ada salah satu alat dapur yang terbuat dari bambu atau mungkin kursi santai anda terbuat dari bambu.

mungkin juga pernah kita makan bambu muda alias rebung. entah itu di sayur atau sebagai isi dari cemilan macam lumpia. kayaknya banyak bangat deh manfaat dan kegunaan bambu ini.

dan ternyata, bambu yang tumbuh merumpun ini sangat efektif untuk menahan longsor jika ditanam ditebing- tebing curam. nah, makin banyak aja fungsi, manfaat dan kegunaan bambu!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar